Hidup itu penuh perjuangan!

Harimau,Singa , dan Macan itu BEDA!

Harimau,Singa , dan Macan itu BEDA!

Selamat beraktifitas sobat  semua , kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara harimau, singa , dan macan.


Pada akhir tahun 2012 lalu saya ke Taman Safari , di dalamnya pasti akan ada singa ,macan , dan harimau . Saat saya ke tempat harimau ada seorang bapak bapak yang bilang , '' Macannya keren ya'' padahal itu kan sebenarnya harimau . Dan saya disini pingin ngelurusin aja biar warga negara Indonesia ini akan maju *eh*
Oke tanpa komat kamit lagi yukk cekidot :D

1. Harimau


   Harimau adalah salah satu kucing besar yang memiliki ciri ciri fisik sebagai berikut:
Dari besar antara singa, harimau dan macan, harimau memiliki badan yang besar , dan yang paling menonjol adalah kulitnya yang berloreng -  loreng



2. Singa


Tubuh singa benar benar bersih , tanpa corak dan tanpa loreng . Mereka memiliki tubuh yang berwarna kuning keemasan . Kalau singa dewasa jantan , mereka memiliki rambut yang lebat. Kalau singa dewasa betina memiliki bentuk seperti anak singa

3. Macan Tutul





Macan Tutul mempunyai ciri fisik yang sangat khas sekali , yaitu memiliki corak tutul pada badannya


4.Macan Kumbang



Macan Kumbang mempunyai ciri fisik yang sangat khas sekali , yaitu di sekujur tubuhnya berwana hitam kelam


Nahh bagaimana sob , udah ngerti kan perbedaannya :D, lumayan kan infonya bisa nambahin ilmu pengetahuan :D

sumber foto :

youwall.com
kompasiana.com
amazing wild
arkive.org

26 komentar

Alhamudillah, dari dulu udah bisa bedain ketiganya :D
Anw Salam kenal yaa:D

iya, mereka semua kan keluarga kucing jadi mungkin ada yang bingung nge bedainnya. kenapa nggak pakai foto original aja?

ia dulu wkt kecil susah bedain ..tp pas di visualisasiin itu tau..
main ke bonbin

Ohh kirain gue macan sama harimau itu sama

jujur dlu aku gak bisa bedain macam sama harimau hehehe
ttapi skg udah ngerti
nice post bisa nambah wawasan hihii

kalau kucing warnanya item bisa dibilang keturunannya macan kumbang ga yah? :d

alhamdulilah daru dulu gue juga ngak pernah ngeliat ketiga nya secara langsung. entah harusbersyukur atau malah sedih -__-"

au gak suka mereka. suka ma kucing aja. apalagi kucing mall. kakwkwk

aku lebih suka melihat singa harimau macan daripada lihat cacing..wkwkkww
tapi harus dikurung dikandang

umm , nggak kepikiran pas nulis :-?

jangan jangan si kucing ane keturunan macan kumbang nih , wkwkwk :D

:-) pas liburan nanti ke taman safari aja

kucing mall maksudnya apa nih bang javas? o.o

harimau, singa dan macan, sama-sama keluarga kucing :)

oe itu cheetah bukan macan tutul
hadeeehhh

thanks, sudah diperbaiki hehe

maaf kurang teliti cari gambarnya :)

Sori sob, mohon dicek ricek sekali lagi, perbedaan yang anda tulis salah kaprah. Jenis2 kucing besar yang berbeda itu bisa digolongkan sebagai berikut :

- Harimau : bengal tiger, amur siberian tiger (siberian tiger merupakan jenis kucing terbesar dan otot terkuat di jagad raya, bengal tiger ada yang white, siberian tiger juga ada yang white.
- African Lion
- Leopard : African leopard, Indian Leopard, Snow Leopard
- Jaguar : termasuk Black Jaguar yang anda sebut macan kumbang.
- Cheetah
- Puma/Cougar/Mountain lion
- Liger : 50 lion / 50 Tiger

Istilah di indonesia banyak yang salah kaprah. Kadang pembedanya juga disesuaikan dengan kontur dan wilayah habitatnya ex : bengal tiger (India), Sumatran Tiger (Sumatra, Ina), Siberian Tiger ( Siberia, Russia bagian timur. Coba bedakan juga jaguar dan leopard, jaguar dan leopard hampir sama, dari segi ukuran tubuh dan corak berupa terotol, search aja di google secara umum fisik jaguar hampir sama, namun keduanya tetap berbeda. Coba perhatikan macan kumbang, meskipun hitam, kalau diperhatikan seksama, hitamnya berterotol, karena macan kumbang sebenarnya adalah jaguar(black jaguar). Jadi definisi macan tutul itu abstrak.

Dan disini pasti ga akan ada yang percaya kalau singa ditengarai sebagai overgrowth of cheetah. Cheetah, Lion, Leopard struktur bentuk tubuhnya hampir sama, dari depan ke belakang cenderung tegap/lurus . Dan jaguar adalah mini tiger, struktur bentuk tubuh jaguar dan tiger sama2 cenderung membungkuk/melengkung. Cheetah, leopard, dan singa sama2 berhabitat di padang rumput afrika, jaguar dan tiger lebih condong ke hutan basah dengan pohon yang lebat.

Dan disini pasti ga akan ada yang percaya kalau singa ditengarai sebagai overgrowth of cheetah. Cheetah, Lion, Leopard struktur bentuk tubuhnya hampir sama, dari depan ke belakang cenderung tegap/lurus . Dan jaguar adalah mini tiger, struktur bentuk tubuh jaguar dan tiger sama2 cenderung membungkuk/melengkung. Cheetah, leopard, dan singa sama2 berhabitat di padang rumput afrika, jaguar dan tiger lebih condong ke hutan basah dengan pohon yang lebat.

google translate belum bis tuh bedainnya :)

Assalamualaikum
Monggo :D