Hidup itu penuh perjuangan!

Cara Mengetahui Keaslian Nomor BPOM

Cara Mengetahui Keaslian Nomor BPOM

Berbagai kasus pemalsuan produk akhir akhir ini kian semakin marak. Produk apapun seperti susu , obat danyang kian santer dibicarakan yaitu kosmetik. Bahkan sempat terdengar desas desus produk China hanya 2%  yang terdaftar di BPOM. Mengingat masyarakat Indonesia kebutuhannya semakin meningkat.

Sayangnya , banyak konsumen tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk yang dibelinya. Karena itu guna melindungi para konsumen dari produk palsu abal abal Pemerintah melalui Kepres 166 tahun 2000 dan nomor 103 tahun 2001 membentuk Badan Pengawas Obat dan Makanan atau yang biasa kita sebut dengan BPOM . BPOM bertugas memberi izin dan mengawasi peredaran obat serta pengawasan industri farmasi . Karena sejauh ini pendaftaran makanan dan minuman seluruh nusantara ditangani langsung oleh Direktorat Penilaian Keamanan Pangan. Sebagai konsumen kita patut mengetahui keaslian suatu produk.

Berikut langkah langkah untuk memastikan nomor BPOM yang tertera di kemasan produk benar benar terdaftar atau malah palsu :

1. Masuk ke situs resmi BPOM :  http://www.pom.go.id/

2. Klik Produk Teregistrasi


3. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah 


4. Setelah kata : Cari Berdasarkan : klik tanda segitiga ke bawah untuk memilih sesuai kategorinya

  • NOMOR REGISTRASI = nomor registrasi (biasanya) ada di bawah kemasan produk .

          contoh : MD 134610022769

*) biasanya ada juga yang nomor registrasi yang tertera pada kemasannya terdapat titik (.) . Tetapi untuk mengecek abaikan saja tanda titik tersebut

*) Contoh = MD.134610022769 menjadi = MD 134610022769
  • Nama Produk = anda akan mengecek melalui kategori nama produknya, seperti :

  • Merk = anda akan mengecek sesuai dengan kategori merk , seperti :

Dari ke 3 pilihan sebenarnya masih ada yang lain tapi jujur saya juga agak bingung , dan saya sarankan anda memakai pilihan nomer registrasi saja lebih akurat  ^__^  (menurut saya)

Jika (mungkin) anda bingung dengan kode awal berikut saya sajikan :

TR  = Obat tradisional produksi dalam negeri 
TI    = Obat tradisional Import 
SD  = Suplemen produksi dalam negeri 
SI   = Suplemen Impor 
MD = Makanan produksi dalam negeri 
ML  = Makanan impor 
CD  = kosmetik dalam negeri 
CL  = kosmetik impor 
CA  = kosmetik dengan tanda notifikasi

Jika anda menemukan produk yang anda cek ternyata nomor BPOM nya tidak ditemukan , coba cek ulang dulu apakah anda sudah benar benar teliti . 

Jika anda sudah teliti dan yakin bahwa nomor BPOM nya tidak ditemukan , berarti itu produk abal abal .

SO...  lebih teliti dulu sebelum membeli supaya tak rugi  ^__^ 












20 komentar

waaahh bermanfaat banget nihh postingan.. makasih yaa jadi dapet cara mengecek keaslian BPOM

Iya, bermanfaat banget...gue biasanya kalo udh nemu makanan, apapun dari dari manapun itu, langsung maen hajar aja...gk tau ada racun ato udh terdaftar apa blum...hehehe, thanks for your information

amira aku baru tahu kalo produk asli dan kagak di POm bisa dilihat thanks, kamu emang bocah SMP sakti. SMP kan skg?

sangat berguna , jadi tau gue makasih amira. emang banyak yang menipu di masayarakat kita, makannya kudu di sadarin masyarakatnya

widih keren sekali dek postinganmu :bd
kalo gue malah suka asal makan aja, apalagi kalo setan emosi dateng :|

miris sama kondisi produk yg asal2an tanpa izin/lisensi resmi dari bpom...

moga aja masyarakat makin teredukasi terkait produk yg mau dibelinya

aduh, aku suka asal kalo beli produk, terutama makanan..
kalo kosmetik sama obat, baru deh lebih teliti.. hahaha
nice post amira ;)

Whoaaa Baru tau bisa dicek gt
Thankyou bermanfaat

makasih info nya...:)cek cek ya..harus hati2 ...klo beli sebuah produk

klo obatnya salah bisa bisa nggak tambah sembuh malah tambah sakit :/

Bener banget sekarang emang udah banyak pemalsuan
Sebagai pembeli harus benar2 teliti

Thanks infonya Gan

terimakasih artikelnya sangat membantu dan penting sekali.,,,,,





info wisata paket tour, dan open trip cek di @sahlan.malang atu kunjungi www.sahlanticket.com

Assalamualaikum
Monggo :D