Sejarah Senam Lantai - phunsukhwang.blogspot.com

Sejarah Senam Lantai

 Setiap sesuatu yang ada sekarang pastilah mempunyai sejarah,tidak terkecuali yaitu senam lantai. Senam lantai adalah senam yang dilakukan di lantai atau di atas matras berbentuk persegi yang berukuran 12x12 yang sangatlah mahal harganya. Senam merupakan jenis olahraga yang kental akan budaya Yunani kuno, yaitu menyembah dewa Zeus.

Pada awal abad20 senam mulai diperkenalkan sebagai salah satu cabang olah tubuh yang kemudian menjadi tenar di berbagai negara. Dalam masa perkembangannya senam dibagi ke dalam jenis-jenis yang lebih spesifik, salah satunya yaitu senam lantai.

Biasanya kita mendengar bahwa peranan bangsa Yunani-lah yang membuat senam lantai ada sampai saat ini, tetapi pada kenyataannya ternyata di Cina Kuno 2700 sebelum masehi, mereka telah mengenal beberapa bentuk sederhana dari senam lantai yang dahulu dilakukan di biara-biara dan bukanlah disebut sebagai senam tetapi bagian dari pengobatan dan beladiri. Catatan mengenai gerakan sederhana dari senam lantai dapat kita jumpai di kitab peninggalan Khonghucu serta murid-muridnya yang banyak menceritakan tentang gerakan tertentu untuk tujuan medis.

Selain Yunani dan Cina Kuno, senam ini juga tidak lepas dari negeri Bolywood. Negeri ini memang tidak ada yang tidak kenal bahwa negeri ini memang sudah lama dikenal sebagai salah satu tempat sejarah pengobatan dengan metode pernafasan dan gerakan tubuh, langkah ini lekat dengan kepercayaan agama yang dianut di India. Salah satu warisan India yang kental akan sejarah senam lantai yaitu yoga. Jika kita perhatikan dengan saksama banyak kesamaan antara yoga dengan senam lantai, salah satunya yaitu sama-sama membutuhkan kelenturan badan. Seperti cerita di atas, yoga awalnya yaitu sarana untuk menyembah dewa.

Sejarah senam lantai bisa kita kenang melalui tulisan atau gambar pada piramida di Mesir. Terdapat berbagai cerita yang digambarkan oleh nenek moyang Mesir. Para nenek moyang Mesir menceritakan tentang kehidupan mereka yang tidak luput dengan olahraga sederhana,salah satunya yaitu senam lantai.

Sedangkan munculnya senam ini di Indonesia bersamaan dengan masuknya tentara Jepang, dapat dibuktikan dengan dikenalkannya senam Talso dikalangan tentara PETA. Pada tahun 1963 senam mulai dipertandingkan di pesta olahraga GANEFO (Games The New Amarging Force) dan induk organisasi di Indonesia yaitu Persani (Persatuan Senam Seluruh Indonesia).



Dapat disimpulkan disini, senam lantai belum pasti dimulai dari awal abad 20, tidak nihil jika senam ini sudah ada sebelum masa-masa awal abad 20. Selain itu dapat disimpulkan juga bahwa senam lantai berasal dari gerakan untuk memuja dewa/Tuhan Yang Maha Esa.

ditulis kembali oleh: Amira Rachmatillah

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Senam Lantai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel