Hidup itu penuh perjuangan!

10 GAME TERMAHAL DI DUNIA

10 GAME TERMAHAL DI DUNIA


10 GAME TERMAHAL DI DUNIA

1. Grand Theft Auto IV (US$100 juta/Rp900 miliar)
Game ini merupakan video game termahal yang pernah ada. Dana yang dihabiskan untuknya berkisar US$ 100 juta. Sebab, sedikitnya 1.000 orang terlibat dalam pembuatan game ini lengkap dengan soundtrack-nya. Meski muncul banyak protes atas adegan vulgar di dalamnya, namun kesungguhan membuat game ini terasa realistis saat dimainkan.

2. Shenmue ($70 juta)
Sebuah game yang memegang rekor sebagai game yang paling mahal selama hampir 10 tahun. Saat awal pengembangan Game ini memang tidak terlalu terdengar anggaran yang luar biasa mahal tersebut, namun lama kelamaan akhirnya terkuak juga, bahwa game ini memakan anggaran hingga $70 juta.
Game Shenmue ini menawarkan explorable yang luas, sistem cuaca yang lengkap, dan begitu banyak detail halus dan juga fitur yang sangat lengkapnya.

3. Too Human (US$60 juta/Rp540 miliar)
Video game ini awalnya direncanakan sebagai sebuah trilogi, dan game ulangannya nya akan dialihsuarakan layaknya sebuah film. Sebanyak US$60 juta alias Rp540 miliar dikucurkan dalam membuat game ini. Bahkan, formatnya sudah bisa dimainkan untuk berbagai pemutar seperti Playstation, Gamecube, dan Xbox 360.

4. Gran Turismo 5 (US$60 juta/Rp540 miliar)
Game ini adalah game balap mobil terbaik yang pernah ada. Comtohnya Anda perlu garasi sangat luas untuk menampung 1000 lebih mobil yang dipesan dalam game Gran Turismo milik Sony ini. Dengan masa pengembangan selama 5 tahun, sang pencipta game, Kazunori Yamauchi, membutuhkan dana US$ 60 juta guna menuntaskan permainan pada game ini.

5. Halo: Reach (US$55 juta/Rp495 miliar)
Sebenarnya, pengembang permainan ini, yakni Microsoft/Bungie tidak pernah merilis resmi ke publik tentang dana yang diperlukan dalam membuat Hallo: Reach ini. Namun akhirnya diketahui bila permainan ini menghabiskan dana US$55 juta.

6.L.A. Noire (US$50 juta/Rp450 miliar)
Presiden Asosiasi Pengembang Game Australia Tom Cargo mengembor-gemborkan L.A. Noire sebagai salah satu game termahal yang pernah ada. Dana yang dihabiskan sebesar US$ 50 juta. Ini wajar, sebab dalam permainan ini, ekspresi animasi wajah orang diambil dari 32 kamera yang berbeda dengan pencahayaan yang tepat. (**) gile ye.. :P

7. APB ($50 juta)
APB telah dikembangkan selama 5 tahun, Game yang di buat oleh Realtime Worlds sering disebut sebagai game paling mahal yang pernah dibuat.
Pendiri Realtime Worlds, Dave Jones, harus menaikkan modal hingga mencapai $ 50 juta untuk merealisasikan game produksi perusahaannya tersebut.

8.Metal Gear Solid 4 ($60 juta)
Game yang disebut-sebut sebagai game terbesar, tercantik dan paling kompleks, Metal Gear Solid merupakan salah satu game dengan nilai-nilai produksi yang mengagumkan dan memilliki visual terbaik saat itu. Pada versi Metal Gear Solid 4, dibutuhkan 4 tahun penuh untuk proses pembuatannya, dan membutuhkan anggaran hingga $ 60 juta, yang terdiri dari saham dari Kojima Productions dan Sony.

9. Final Fantasy XIII (US$48 juta/Rp432 miliar)
Dana yang dikeluarkan dalam Final Fantasy, dari awal game ini pada tahun 2003 hingga serial terakhir, nilainya sangat fantastis. Sebanyak US$48 juta dikeluarkan dalam menciptakan permainan ini. Dengan dana sebesar itu, maka Final Fantasy memiliki berbagai seri namun tokoh dan cerita di setiap serinya berbeda-beda.

10. Killzone 2 (US$45 juta/Rp405 miliar)
Meski tak pernah diekspos resmi oleh pihak pengembang, dan sulit diperoleh info validnya, namun banyak yang menduga bahwa dana yang dikeluarkan untuk peperangan Helghan dalam Killzone 2 ini menghabiskan US$ 45 juta atau Rp405 miliar.

Sumber: Komunitas Gamer Indonesia

Assalamualaikum
Monggo :D