Hidup itu penuh perjuangan!

Latihan Soal dan Jawaban -Evaluasi Bab 6 Buku Kurikulum 2013 hal 142-143

Latihan Soal dan Jawaban -Evaluasi Bab 6 Buku Kurikulum 2013 hal 142-143

F.
1. Karbohidrat, lemak, dan protein merupakan sumber energi. Jelaskan apa yang terjadi bila kita kelebihan dalam mengomsumsi zat-zat tersebut? Dan bagaimana bila kekurangan?
Jawab:
Baik kelebihan maupun kekurangan karbohidrat, lemak, dan protein dapat menyebabkan penyakit.

2. Kelompokkan sumber energi yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. (Coret yang salah)
Cahaya Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui
Listrik Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui
Nuklir Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui
Air Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui
Batubara Dapat diperbarui/Tidak dapat diperbarui

3. Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan!

4. Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan?
Jawab:
Energi yang berasal dari fosil-fosil hewan atau tumbuhan yang sudah lama mati dan  yang sudah lama tertimbun menjadi minyak bumi. Sumber energi fosil ini tidak dapat diperbaharui sehingga penggunaannya harus bijaksana. 5. Olah raga teratur tetapi tidak berlebihan baik bagi kesehatan kita.

Gambar 7.7 Orang sedang berolahraga
a) Apakah yang terjadi ketika otot sedang dilatih? Lingkari  jawaban ”Ya” atau ”Tidak” pada masing-masing pernyataan di bawah ini.
Apakah hal di bawah ini terjadi ketika otot dilatih/bekerja?
Ya atau tidak ?
Otot menerima peningkatan suplai darah Ya / Tidak
Lemak terbentuk di otot Ya / Tidak
b) Mengapa kamu harus bernapas lebih dalam ketika sedang berolah raga daripada  ketika sedang beristirahat?

Jawab:
- Untuk mengurangi  kadar karbon dioksida yang meningkat dan untuk menyediakan lebih banyak oksigen ke tubuhmu. (“Udara” tidak diterima sebagai pengganti “karbon dioksida” atau “oksigen”)
• Ketika kita berolah raga, tubuhmu memerlukan lebih banyak oksigen dan menghasilkan lebih banyak karbon dioksida. Bernapas adalah upaya untuk melakukan hal tersebut.
• Bernapas lebih cepat memberikan lebih banyak oksigen ke dalam darah dan lebih banyak karbon dioksida dibuang.

 - Untuk mengurangi  kadar karbon dioksida yang meningkat dari tubuh kita atau untuk menyediakan lebih banyak oksigen ke tubuh kita, tetapi tidak keduanya. (“Udara” tidak diterima sebagai pengganti “karbon dioksida” atau “oksigen”).
• Karena kita harus menghilangkan karbon dioksida yang terbentuk.
• Karena otot memerlukan oksigen. (Implikasinya bahwa tubuh kita me merlukan lebih banyak oksigen ketika kita berolah raga (menggunakan otot).)
• Karena olah raga menggunakan oksigen.
• Kita bernapas lebih dalam karena kita menghirup lebih banyak oksigen ke dalam paru-parumu. (Jawaban yang jelek, tetapi diketahui bahwa kita menyediakan lebih banyak oksigen).
 • Selama kita menggunakan begitu banyak energi, maka tubuh memerlukan dua kali atau tiga kali lipat jumlah udara yang dihirup. Ini juga perlu untuk membuang karbon dioksida dalam tubuh kita.

c) Seseorang yang berolah raga sebelum mengonsumsi sejumlah makanan, akan merasa sangat keletihan. Mengapa hal itu terjadi?  Jelaskan alasan jawaban kita!
Jawab:
Berolahraga adalah menggunakan energi potensial yang terdapat dalam tubuh yang berasal dari makanan, apabila kita tidak mengonsumsi makanan, maka tubuh akan terasa letih, karena kurangnya energi potensial yang digunakan.

2 komentar

Assalamualaikum
Monggo :D