Hidup itu penuh perjuangan!

Latihan Soal Dan Jawaban Uji Kompetensi Bab VIII (Buku Siswa Kurikulum 2013 PPKN, Halaman 130)

Latihan Soal Dan Jawaban Uji Kompetensi Bab VIII (Buku Siswa Kurikulum 2013 PPKN, Halaman 130)

Uji Kompetensi Bab VIII (Buku Siswa, Halaman 130)

1. Sebutkan bentuk-bentuk keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia?
Jawaban:
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan beragam. Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan- perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, idiologi politik, sosial budaya, ekonomi dan gender. Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia.

2. Sebutkan latar belakang yang menyebabkan bangsa Indonesia yang beragam?
Jawaban:
a.  banyaknya suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia
b.  setiap suku bangsa memiliki latar belakang sejarah yang berbeda
c.  setiap suku bangsa terikat dan dipengaruhi oleh wilayah yang ditinggalinya
d.  setiap suku bangsa memiliki kekayaan budaya yang berbeda-beda

3.  Sebutkan macam-macam tarian dan lagu dari minimal 5 daerah di Indonesia?
Jawaban: T
ari Daerah di Indonesia
a. Tari Kipas (Sulawesi Selatan)
b. Tari Piring dan Tari Payung (Sumatera Barat)
c. Tari Jaipong (Jawa Barat)
d. Tari Kecak (Bali)
e. Tari Seudati (Aceh)
f. Tari Maengket (Sulawesi Utara)
g. Tari Lueso (Maluku).

 Lagu Daerah di Indonesia
a. Bungong Jeumpa (Aceh)
b. Singsing So, Butet dan Tillo-tillo (Sumatera Utara)
c. Kampuang Nan Jauh di Mato, Saringgit Dua Kupang dan Timang- Timang Anakku Sayang (Sumatera Barat)
d. Es Lilin, Tokecang, Manuk Dadali, Borondong Garing dan Bubuy Bulan (Jawa Barat)
e. mengenal lagu Sapu Tangan Babuncu Ampat (Kalimantan Selatan)
f. Kalayar dan Naluya (Kalimantan Tengah)
g. Cik-Cik Periok (Kalimantan Barat)
h. O Ina Ni Keke dan Si Patokaan (Sulawesi Utara)
i. Angin Mamiri, Ampar-ampar Pisang (Sulawesi Selatan)
 j. Ma Rencong  Rencong (Bugis)

4.  Sebutkan makna yang terkandung dari lambang negara Burung Garuda dan makna Bhinneka Tunggal Ika.
Jawaban:
Bhinneka Tunggal Ika seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 66 tahun 1951 tersebut mengandung makna.
a. Mendorong semakin kokohnya persatuan Indonesia
b. Mendorong timbulnya kesadaran tentang pentingnya pergaulan demi kokohnya persatuan dan kesatuan.
c. Tidak saling menghina, mencemooh, atau saling menjelek-jelekan diantara sesama bangsa Indonesia.
d. Saling menghormati dan saling mencintai antarsesama.
e. Meningkatkan identitas dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
f. Meningkatkan nilai kegotongroyongan dan solidaritas.

5. Jelaskan bagaimana bentuk perilaku siswa dalam keberagaman siswa di sekolah.
Jawaban:
a. Saling menghormati teman sekelas
b. Tidak membeda-bedakan teman
c. Tidak menggunakan pakaian yang berlebihan
d. Membantu teman yang sedang kesulitan
e. Tidak menganggap orang lain lebih rendah

Assalamualaikum
Monggo :D