Hidup itu penuh perjuangan!

UNBK Pertama

UNBK Pertama

     Yohooo! Akhirnya setelah sekian lama *menghirup udara sedalam - dalamnya.*. Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa aku tidak muncul di personal blog saya ini *ngarep*. Ya! Ujian Nasional atau biasa disingkat UN. Tahun ini  SMP di Kota Malang mengadakan UNBK khusus 3 sekolah yaitu SMPN 1,3,5 juga kebanyakan sih sekolah internasional.
     Menurutku UNBK rasanya itu.. biasa aja sih karena kami jauh-jauh hari sebelum UN sudah dibiasakan ujian memakai laptop atau komputer. UNBK ada senang dan dukanya, kebanyakan dukanya itu masalah teknis. So, agar tulisan ini nggak terlalu monoton, akan kuberitau berdasar pengalamanku dan teman2ku.


HARI PERTAMA
          Oiya sebelum bercerita panjang lebar, UN dibagi menjadi 3 sesi yaitu Sesi 1 : 07.30-09.30, Sesi 2 : 10.30-12.30, Sesi 3 : 01.30-03.30 (kalau tidak salah). Aku kedapatan Sesi 2. Hari pertama itu UNBK Bahasa Indonesia. Entah kenapa jantungku berdebar hebat, padahal ini UN-ku yang kedua kalinya, untuk mengatasi itu ibuku berkata untuk menonton TV saja, ya aku turuti dan ketakutanku berhasil kukalahkan, yeay! Kami diharuskan hadir 1 jam sebelum pelaksanaan dan masuk ruangan 30 menit sebelum ujian dimulai. Namun teman-temanku ternyata sudah datang lebih awal. Hari itu pelaksanaan UN di ruangku lancar dengan soal yang terbilang masuk akal, apalagi ada yang diambil dari soal lama dan ruangannya ber-AC lagi, namun dataku dan sebagian temanku nyangkut saat dikirim ke Jakarta kata guruku, entah apalah itu maksudnya, ya itu urusan gurunya. Bagaimana tidak, baru diberitau pada hari kedua kalau selesainya harus klik tulisan "selesai"sehingga harus selesai kurang dari 2 jam itu, aku kira aplikasi ini akan melog-out otomatis bila waktunya memang habis dan data akan ter-save dengan aman, ternyata TIDAK. Sebenarnya saat itu aku sudah mau log out, namun saat kurang 1 detik mau klik "selesai" akunku logout sendiri. Ya tetapi syukuri saja.

HARI KEDUA
          Hmm... . Hari kedua yaitu Matematika. Disaat masuk ruangan aku agak terkejut karena semula yang aku gunakan komputer sekarang berubah menjadi laptop keluaran tahun lawas, dari ukuran laptopnya dan modelnya, it's obviously old laptop. Aku curiga dengan komputer kemarin, pasti trouble. Ya maklumi saja sekolah gratis *alhamdulillah* dan bergantung pada dana BOS sehingga sebagian komputer diambil dari perpustakaan yang terkenal akan banyak virusnya karena banyak dipakai siswa untuk mengerjakan tugas dan bermain game, yang pastinya akan dimasuk-keluarkan flashdisk, sehingga virus Trojan dimana-mana. Namun kekhawatiranku ini terselamatkan karena aku sering melihat IT mondar-mandir di sekolahku membawa komputer, dan orang tersebut terlihat ahli, jadi semacam saya percaya bahwa komputernya akan baik-baik saja.  Sebenarnya tidak ada masalahnya menggunakan laptop itu, it's just my anxiety.
     Wow! Soal-soal UN ini ... *kalau mau tahu tipe soalnya bisa dibrowse sendiri, xixi*. Disaat perjalanan mengerjakan, sempat ada trouble yaitu optionnya tidak mau dipilih, lalu aku angkat tangan dan memberi tahu bahwa optionnya tidak bisa diklik, Oleh pengawas dari sekolahku, aku ditanya apakah mau memakai mouse , tentu saja aku mengiyakan, use mouse is better than using this mini mouse touchpad, mam. Segera didatangkan mouse, Pak IT sekolah menyuruhku untuk menancapkan port mouse di CPU (padahal aku kan pakai laptop). Aku menuruti saja tanpa berfikir walaupun aku agak menyadari sebuah keanehan ini, namun aku lakukan saja karena aku kira mungkin teknologi baru. Pengawas dari sekolahku berkata, "Loh pak kok disitu" lalu Pak It , "Oh iya bukan komputer" lalu kami tertawa kecil. Setelah dicoba, woa ternyata tidak bisa, karena kesal aku klik berkali kali dengan mouse sampai membuat kegaduhan, haha. Lalu aku diminta memakai keyboard, pertama kali aku yang aku fikirkan yaitu tombol A, S, D, W (kalo gamer pa sti tau maksudnya) yaitu tombol untuk mengerakkan karakter. Tidak sengaja tertekan tombol B, ya ternyata memakai huruf A,B,C,D ; aku sangat bersyukur menekan tombol itu agar tidak memalukan bgt.
      Disaat detik detik terakhir datanglah guru fisikaku untuk mengambil suatu data dari pengawasku, sambil menunggu beliau berdiri tepat di depan pintu dan mengintip. Kebetulan teman-temanku selesai, kebetulan juga aku duduk di pojok belakang dekat pintu, sehingga biasa mendengar orang lalu-lalang melewati pintu. Beliau berkata, "Ayo selesai." beliau menas-manasiku sehingga aku agak panik ditambah waktu yang kurang 1 menit. Menghindari data nyangkut dan tekanan batin aku segera mengklik tombol selesai.

HARI KETIGA
     Hati ketiga yaitu Bahasa Inggris, aku lupa hari itu memakai PC apa seingatku ganti dengan laptop baru lagi. Hari itu pengawas dari sekolahku yang kebetulan mengajar Bahasa Inggris sehingga beliau menunggu di luar, mungkin karena takut dikira memberi jawaban, entahlah. Ada 3 soal yang identik dengan soal bimbel sekolah / UN tahun lalu, alhamdulillah aku masih hafal betul alasan jawabannya itu. Banyak strange word memang, sehingga aku pilih jawaban sesuai seingatku dan nalar, seperti advice dari guruku, nalar, nalar, dan nalar.

HARI KEEMPAT
    Last day... Ilmu Pengetahuan Alam, yay physic biology! Sebenarnya lebih suka gurunya ketimbang pelajarannya. Laptop baru lagi dengan layar yang udah nyala redup. Hmm.. soalnya diluar dugaan. Ada soal dimana soalnya itu materi yang tidak ditulis di kisi-kisinya. Namun alhamdulillah aku dapat mengerjakan karena sudah pernah diajarkan. Ternyata benar dugaanku, soal di buku ada yang keluar, namun karena aku anggap itu mudah sehingga tidak aku kerjakan, dan ternyata keluar akhirnya aku gelagapan dengan satu soal itu karena aku tidak tahu caranya, padahal soal nomor awal dimana soal mudah berkumpul. Soal Biologi alhamdulillah semuanya sudah pernah diajarkan. Fisika ada soal dimana materi tersebut aku sebenarnya kurang paham, namun alhamdulillah aku diberi kemudahan. Apalagi, ada soal yang pernah saya diskusikan bertiga dengan guru fisika kami. Saya sangat bersyukur saya tidak langsung istirahat, melainkan bergabung diskusi.

UNBK di sekolahku ini lebih enak di lab 2 karena komputernya masih suci alias baru. kelebihan UNBK ini yaitu tidak perlu siap-siap alat tulis dan ketakutan pensil palsu, apalagi kertas robek. Selain itu, hemat kertas, itung-itung adiwiyata.

Kekurangan UNBK yaitu lebih masalah teknis, yaitu laptop yang ngadat, tiba-tiba keluar dari desktop, laptop ngga mau nyala, apalagi data ujian nyangkut sampai sore kalau terlambat ngeklik "selesai", kasian sesi berikutnya. Selain itu penulisan soal Matematika, agak bingung karena gambarnya gajelas, yang 3 cm semuanya atau yang mana juga gatau dan tentunya nggabisa coret-coret soal, xixi.

Overall aku suka banget UNBK karena lebih praktis, yaitu tadi ngga usah bingung sama alat tulis, dan enak aja ngga perlu tangan sakit-sakit menebali LJK. Semoga komputernya diperbarui, kalau bisa sekalian diupdate ke Windoes 10, kan seru, wkwk. Selamat berlibur teman2 :) . Oiya tolong doakan hasil UN kami semua ya terimakasih :)





3 komentar

wkwkwk, ke windows 10 jauh amat wkwkwk , emang pake win apa *kepo* gapapa lah ya nanya juga:g , btw ceritanya keren dan menarik .

Windows 7 / XP , entahlah nggaktau bedanya aku, pokoknya g pasti bukan w8 xD

Ini Yusuf Darmawan?

Assalamualaikum
Monggo :D