Skip to main content

MY ACHIEVEMENT THIS YEAR

Nah pasti kalian yang ngikutin blog gue bosen yak gue cerita masa laluuu mulu pas gua SMP, mbangga2in satu prestasi hihi, nah gue mulai sekarang akan mengukir kisah-kisah jaman now dan masa depan, dan ga akan ngungkit2 SMP karena gue juga udah puas nulisin di post sebelumnya hihi. Jadi taun ini (2017) gue sangat bahagia mendapatkan 2 juara, walaupun tidak sebanyak Bagus yang bisa mendapatkan 10 kali ya wkwk, gue akui dia emang MANTAP BRO. Nah lomba apa aja yang gue ikutin?

- Lomba SNOW ITS 2017

Sebenarnya 2017 Februari gue ikut lomba SNOW (Smart Innovation of Writing) yang diselenggarakan ITS dengan solo mode alias individu dengan membawa maket dibantu ibu gue. Ugh ngerasa berat sumpah, lomba pertama KTI di SMA, individu, topiknya gue kurang unch menurut gue, dan ya gamenang wkwk. Disini ibu gue reuni dadakan dengan temen-temennya yang jadi dosen di ITS sekalian melepaskan rindu dengan ITS yang pernah jadi tempat belajar. 
 Lomba di ITS momerable banget karena LO nya baik buanget sumpah, kayak kakak sendiri hihi, dibeliin roti dll. Makasih lo kak Winda, muah. Selain itu juga peserta lain nganggap gue itu temen tapi bersaing, hawa nya itu adem banget. Apalagi pas bener2 kita se ruangan di Asrama Haji, aku se ruangan sama Mbak Mazaya Yumna dari Aceh dan Santi dari Bali. Mereka berdua keren banget. Mbak Yumna yang kelas 12 jauh-jauh dari Aceh, dengan dimulai ceritanya yang naik pesawat dari Aceh ke Surabaya sendiri! Selain itu ternyata juga seumuran sama gue wkwk dengan keinginannya yang sudah bulat mau kuliah Biomedical, akhirnya kesampaian beneran. Wogh, dan juga Santi dengan logat Bali buanget, hehe. 

    Hari pertama yaitu pameran maket, sebelah gue ada mas-mas Politeknik Surabaya, dimulai dari si mas-mas ngomong klo suaraku keras banget, apa gacape. Yacape tapi yagimana wkwk. Akhirnya kita kenalan dan cerita-cerita gitu. Aku tanya gimana kehidupan klo kuliah. Katanya sih sibuk banget, apalagi buat ngerjakan laporan bisa-bisa nginep di kampus, trus yang cewe? Ya pulang tapi malem banget. Bahkan kata mas Arbey keesokan harinya ada sidang. 

    Hari kedua yaitu presentasi dihadapkan dengan juri, dosen! Gue sempet bingung sendiri karena gue kurang menguasai materi wkwk, apalagi saat ditanyai, "mau brapa lantai?" , aku inget banget mas-ku pernah bilang 4 lantai aja, dan karena kebodohan gue dan menurut gue biar lebih banyak gue jawab polosnya 5 lantai, dan setelah itu gue diberi tau kalau manusia bisanya sampe 4 lantai, wkwk, momen bodoh banget sih itu, ditambah gue yang berkutat bahwa bisa aja karena sudah dibuktikan di Jakarta. Ngakak juga ngingetnya. Maap ya pak dosen hihi. Juga saat diberi pertanyaan model pintunya mau kek gimana, gue meragain sambil bingung gitu kan. Itu bodoh juga sih wkwk. Ampuun. Presentasi lalu dilanjut Tour City Surabaya, yeay!
      Saat tour city kerasa banget hawa friendshipnya hihi, kita waktu itu ke museum tapi sayangnya tutup, akhirnya ke top roofnya, tapi gakalah bagus kok, trus ke Tugu Surabaya, Pelabuhan apa gitu yang deket UNAIR, lupa . Sampai pada akhirnya pengumuman diawali dengan talkshow yang sanga-ngat panjang, oiya awalnya mau ada Bu Risma, orang nomer satu di Surabaya datang tapi gajadi, sayang banget. Pemenangnya juara 3 yaitu Santi dan Bayu dari Bali, juara 2 yaitu dari SMA 1 Gresik, dan juara 1 nya yaitu Arum dkk dari Bogor. Gue salut sih Arum dkk, keluarganya ikut dukung, jauh-jauh dari Bogor. Gue agak ngakak pas Arum ngomong klo guru pembimbingnya galak wkwk. Kalian keren guys!

    Lomba di ITS momerable banget karena LO nya baik buanget sumpah, kayak kakak sendiri hihi, dibeliin roti dll. Makasih lo kak Winda, muah. Selain itu juga peserta lain nganggap gue itu temen tapi bersaing, hawa nya itu adem banget. Apalagi pas bener2 kita se ruangan di Asrama Haji, aku se ruangan sama Mbak Mazaya Yumna dari Aceh dan Santi dari Bali. Mereka berdua keren banget. Mbak Yumna yang kelas 12 jauh-jauh dari Aceh, dengan dimulai ceritanya yang naik pesawat dari Aceh ke Surabaya sendiri! Selain itu ternyata juga seumuran sama gue wkwk dengan keinginannya yang sudah bulat mau kuliah Biomedical, akhirnya kesampaian beneran. Wogh, dan juga Santi dengan logat Bali buanget, hehe. 
    
1. Lomba Gagasan Tertulis 6th Jember Dentistry Scientific Festival 2017 Tingkat Nasional Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.

     Oh ya, setelah berkelumit2 mengerjakan dari bab 1 sampai akhir sendirian, ditambah lagi ternyata harus berkelompok, dengan penuh perjuangan dan taktik merayu yang luar-biasa akhirnya Sifa dan Wima mau mengikuti kelompok gue. Gue ke Jember menggunakan kereta api, sepertinya ini kedua kalinya, yang pertama saat masih kecil banget katanya. Ini drama banget sih, jadi presentasinya itu hari Sabtu pagi, TM juga malam Jumat, which is berarti harus brangkat sore Jumat sesuai dengan kesepatakan memakai Kereta Api Tawang Alun. Kamisnya karena libur kami berniat untuk latihan presentasi, paginya gue latihan dance buat inagurasi kelas di KTS, karena suatu miskomunikasi akhirnya gue dateng sore waktu itu bener2 habis dari MOG tempat latihan, karena mamanya Wima ternyata sore ada acara akhirnya gue nunggu sambil latihan sampe isya klo gasalah, trus latihan sampe jam 9 malem. Besok paginya gue juga ada PAS Kimia, dan tebak? Jam 6 an gue muntah bro, gue menduga gara-gara minum Cincau yang gue beli dari Matos dan duduk di lantai gapake karpet kmarin wkwk. Akhirnya karena surat dispen ada di gue, dianterin ibu gue dan alhamdulillah masalah admistrasi selesai, walaupun ada Pak Joko yang menanyai tentang gue, ish wkwk.

     Sampai pada akhirnya sore itu berangkat, badan gue yang masih lemes dan komat-kamit, akhirnya gue temenung karena gakuat juga mau ngomong lama2, pingin muntah rasanya. Di Stasiun Jember Kota kami disambut oleh para panitia, dan ternyata LO kami yaitu Mbak Wenny Agustin. Kemudian kami diantar ke hotel 88, tempat kami menginap. Disaat keesokan harinya, yaitu presentasi. Entah kenapa saat giliran gue, gue merasa sakit gue hilang seketika, alhamdulillah. Berkat bimbingan ibunya Wima kami dipuji presentasinya sudah bagsus, tapi penulisannya kurang karena lomba yang kami ikuti itu Gagasan tertulis yang seharusnya berisi tentang penjelasan tentang KWARGI itu sendiri, gue juga baru tau kalo KTI sama GT itu beda wkwk. Peserta lain ada yang membuat alat untuk mendeteksi diabetes, gila ga sih? Keren banget. 

Sorenya kami pergi ke Papuma karena kami memilih paket paling muahal, dengan 750 ribu per orang, dimana kami cuma satu-satunya kelompok SMA yang memilih paket muahal ini wkwk. Kenapa mahal? karena dapat T-shirt dan tour city ke Papuma. Ini mahal gila sih dibandingkan dengan lomba di ITS dulu. Tapi worth it. Dengan perjalanan yang lumayan lama dengan menaiki bus, saat akhir perjalanan kami dihadapkan dengan tanjakan yang super-super nanjak *apaan sih*. Akhirnya kami dibagi kedalam 2 kloter untuk naik dengan mobil. Pantai Papuma, oh ini yang dipuja-puja para traveler. Bagus sih, banyak kapalnya, tapi sayang karena pasirnya banyak sampahnya. Sayangnya juga, gue malah ga ke spot yang terkenal, malah ke pinggirnya, ish banget ga sih wkwk.

     Lanjut malamnya dilanjutkan dengan gala dinner, ada dresscodenya, kayak apaan gitu, oalah ini toh. Jadi kita dibawa ke hotel lain, yaitu hotel Aston, pertama kali lihat, woh ternyata juga ada acara kumpul klub mobil Honda apa gitu, pokoknya ada sun roofnya, gokil. Mewah sih pas pertama ali lihat, juga mereka majang kostum Festival Flower Day Jember yang katanya hits se-internasional. Jadi sebelum kita masuk ke ruangannya kita ngasi kado yang udah kita bawa ke semacam resepsionis, panitia ding. Trus kita ngambil hadiah yang udah ditaruh sama orang lain, jadi tukeran kado gitu laah. Gue pas itu ngado 1 pocky, dan ternyata gue juga dapet pocky, tapi jumlahnya 2. Ngakak ga sih wkwk. Ntar pas kita masuk ada meja bundar dikelilingi kursi *iyalah* *berasa tamu penting* diatasnya udah ada gelas bunder, yang biasanya buat champagne, gelas bir ya? Itulah pokoknya, trus diatasnya ditutupin gitu, fancy ga sih? *norak* 
     Jadi pertamanya si MC dateng, dan MC nya ternyata yaitu mas Herdi, alumni SMAN 1 Malang, wiii. Trus nanti semacam pensi gitu, nanti kita diberi waktu buat ngambil makanan. Menunya.. ya biasa aja sih, kayak di hotel 88 rasa makanannya. Saat itu gue ngambil ikan apalah itu, ya rasanya sama aja. Ya intinya kita makan tapi ditemeni live music. Sela-selanya juga pengumuman orang yang ter- ter- gitu. Teramah, terblabla, gokil wkwk, cuman semisal klo aku mahasiswa mungkin lebih seru karena pemenangnya mahasiswa semua wkwk. Nanti yang menang nominasi diberi bunga gitu.

Sampai pada hari keesokannya, seperti biasa *eaa* makan pagi di resto, dan ga nyangka ketemu orang Malang juga, bapak-bapak yang ternyata alumni SMAN 3, sma tetangga coy hihi. Setelah itu kami brangkat ke Hotel Aston lagi untuk simposium which is pematerinya dokter khususnya dokter gigi, dan dikelilingi oleh mahasiswa kedokteran alias calon dokter! Gua ngeri sih *alay* karena wih, sekeliling gue orang pinter2 nih. Jadi nanti kita diberi kit simposium gitu, ada pensil, buku materi. Di sela2 babak 1 dan 2 simposium, diumumkanlah... ternyata kita juara 3 ihirrr.



Setelah itu agar kami tidak pulang terlalu sore maka kami langsung ke terminal, tapi untuk Wima pulang dengan travel. Di perjalanan yang ngebut by mbak2 calon dokter takut ketinggalan bus, ternyata gue lupa ngasi kunci ke resepsionis wkwk padahal beberapa menit lagi udah waktu checkout wkwk, untung mbak panitianya sabar hihi. Di bis gue malah kambuh, komat-kamit kebelet boker, dan diperparah gue yang pingin Pocari Sweat dan akhirnya dituruti ibu gue yang berujung perut gue bergejolak. Haha.

2. Lomba Biological Science Day VII 
Yeay UNEJ ihir, kali ini gue kaget karena berawal dari keraguan gue untuk memanfaatkan bakteri pada air sungai sebagai sumber energi ternyata lolos fullpaper dan presentasi di Jember kedua kali hihi.
Hari itu kami skip Mat minat   dapat dispen dari pagi jadi kami latihan presentasi di lab bio, dan merangkai alat kami. Jadi sama seperti lomba pertama di Jember, cuman dramanya gue yang sebelum brangkat bingung banget sama lomba lain yaitu lomba PHP UM, untuk ngirim fullpaper inilah itulah. Sampe akhirnya gue bawa laptop wkwk. Sesampainya di Stasiun Kota Jember awalnya gasepi, setelah beberapa menit untuk ke kamar mandi, bum! sepi buanget, bahkan sampai pager mau keluar stasiun ditutup wkwk, tapi untungnya ada pak penjaganya yang mbukain. Keluar kami langsung disambut oleh bapak ojek dan becak yang menawarkan jasanya. Ya, ngeri sih, soalnya agak maksa gitu, malem lagi. Akhirnya kami menaiki Go-car, oiya kami memutuskan untuk tinggal di Asrama Penginapan UNEJ. Lah kok ternyata setelah ditanyai pak go-car ternyata ada dua asrama, asrama putra dan putri. Dengan kesotoyan gue, mengatakan asrama putri, ya gue kira kan gue cewe jadinya ya disitu wkwk. Sampai akhirnya nyampe, dan wow, mba panitia gabisa dihubungi, gue sebel banget sih ini. Dan akhirnya karena males nunggu kami menanyakan tentang penginapan untuk lomba KTI ke bapak penjaga, eh la kok ternyata katanya gatau, dan katanya klo kamar yang disewakan itu ada di asrama putra. Dor.
    Akhirnya karena tidak kunjung bisa dihubungi mbak panitianya, jadi kami nekat untuk kesana. Kenapa nekat? Karena UNEJ gelap banget sumpah kalo malem, penerangan itu minim. Apalagi bagian lapangan, aduh itu kayak di hutan rasanya. Membawa barang, udah kayak mau orang pindahan di kegelapan. Hal itu menambahkan kengerian dan keBM-an. Berkat bertanya-tanya kepada mahasiswa2 disana yang rata2 beraksen Madura wkwk #no rasis, sampai kami tiba di  Fakultas MIPA, akhirnya panitia bisa dihubungi, dan mereka datang dengan motor2 mereka siap mengantar kami wkwk. Akhirnya kami bisa menikmati indahnya bau kasur lapuk seperti beberapa tahun tidak  dicuci  kasur. Jadi ada 3 kasur dan 3 meja, oh gini toh asrama.
      Paginya kami mandi, lalu merangkai alat kami, dan siap-siap intinya. Lalu kami berangkat ke Fakultas MIPA, Jurusan Biologi. Kami bingung, kenapa? Kami belum makan kk. Si Mbak Panitia, menawarkan untuk mengantarkan salah satu dari kami untuk membeli makanan. Awalnya pembukaan, menyanyikan lagu raya, ya gitudeh. Oiya gue liat ada 5 piala, berarti ada juara harapannya, asiik. Sampai pada akhirnya waktu presentasi dimulai, karena gue sangat pesimis menang waktu itu, akhirnya gue mencatat2 presentasi kelompok lain sambil menghitung prosentasi kemenangan kelompok kami. Kelompok lain sangat bagus dan menginspirasi gue aslinya, ga rugi sih klo gue kalah hari ini pikir gue saat itu. Sampai tiba giliran kami. Disaat gue presentasi baru bab latar belakang, gue kaget, ada tulisan "+gambar ...." lah, buset, lupa gue edit, wkwk. Disaat sesi tanya jawab, gue sangat bersyukur karena juri menyebutkan bahwa idenya bagus. Wih, gue seneng karena ide gue boleh juga, gue terhuraa. Gue sempet stuck saat si juri tanya bagaimana penerapan ini di luar negeri. Sambil gue mengingat2 kembali, jawaban gue, gue kira kurang memuaskan gue sih wkwk. Beberapa pertanyaan lain alhamdulillah dapat dijawab. Thanks to you Aiga and Jihan.


   Sembari menunggu pengumuman, ditampilkan video kerjasama UNEJ dengan universitas luar negeri, juga ada orang Jerman, mbak dan mas Jerman. Mbak Jerman cantik banget, kayak artis, iri guee. Mas Jerman juga kayak Harry Potter wajahnya hihi. Sampai pada penghujung acara, yap, pengumuman. Gue optimis sih. Optimis kalah, oh god, ternyata kami dapet juara harapan 1! Walaupun juara harapan 1, gue masih seneng bahwa ide gue masih bisa dihargai dan perjuangan turun ke sungai ga sia-sia. Yeay! Setelah itu kami bertanya dimana tempat beli oleh2, dan ternyata kami malah ditawari untuk diantar, wihii.Gue beli prol keju, coklat, ternyata enak lo yang coklat keju, gaterlalu kerasa tapenya hihi. Setelah itu kami naik Go Car ke terminal naik bus Patas turun Probolinggo, lalu naik bus arah Malang. Kesan gue terhadap panitianya sih mereka baik banget, mau berusaha walaupun dengan motor, keliatan effortnya. Good.

     Disaat menunggu bus ke Malang ngakak banget, jadi di bus kita diputerin film, trus orang2 diluar pada ikutan nonton. Ini agak drama sih pulangnya, gue rencanya dijemput di rumah Jihan, tapi malah aduh bingung gue njelasinnya, intinya gue putusin dijemput di terminal Arjosari aja. Dan bum, karena orang2 lebih milih turun di parkiran motor dan Taspen akhirnya yang turun pemberhentian akhir dikit dong. Sepanjang gue mau keluar ke gerbang keluar gue takut dong, banyak supir2 bus, yang you know what lah, ngakak juga sih pas itu orang2 disana ketawa gara2 katanya gue merem sambil jalan wkwk. Akhirnya itu jam 12 malam gue nunggu beberapa menit, untung ada beberapa orang2 yg juga nunggu, akhirnya gue dijemput.

-Public Health Project UM
Nah ini nih, gara2 lomba ini gue jadi berantem dengan pikiran gue sendiri. Ternyata gue lolos fullpaper broo. Alhamdulillah lomba kali ini gajauh-jauh lagi. Lombanya di kota gue sendiri, yap Malang. 
       Jadi hari sbelumnya gue dan Jihan menghadiri TM disuguhi roti Dea, ya enak2 aja. Ouch ternyata cuma beberapa menit TMnya. Keesokan harinya jam 07.30 kami harus berkumpul di Gedung Budi Utomo klo gasalah.Ya, indonesian people ya molor gitu, malah datangnya jam 8 lebih wkwk, untung juga pas mau mulai pembukaan. Yang menarik kami menyanyikan lagu 2 stanza dengan video yang persis yang pernah ditampilan pak Hasan saat pelajaran sejarah. Sela2 pembukaan acara kami diminta panitia untuk memberikan testimoni, ya gitudeh.
        Kemudian kami dibagi antara peserta talkshow dengan lomba, gue kaget karena 3 juri tersebut tampak seperti dosen muda, ya kaget aja, biasanya yang senior kan. Di sela-sela presentasi kelompok lain ada pembimbing KIR SMAN 1 Batu yang ternyata juga temanny Bu Dewi, dan menanyakan kok nggak kelihatan, dan gue menyadari klo selama lomba yang gue ikuti gue gapernah didampingin, nyesek ya, sedangkan kelompok lain dari skolahku selalu ditemeni Bu Dewi, Pak Faisol, dan Pak Zulham. Yaudahlah yaw.
      Tiba giliran kami presentasi, alhamdulillah disini gue mulai enjoy presentasi, presentasi dan sesi pertanyaan dapat kami jawab berkat kerjasama ihir. Tiba disaat  pengumuman. Oh ternyata kami kalah, sedih sih soalnya aku ga nyangka klo kalah. Ya.
    Tapi yaudahlah ya, kita lanjut ke tawira pake bus UM. Di Tawira kami berganti bus ke... bus pariwisata MACITO, yeay. Meskipun gue orang Malang dan sering lihat apalagi pas pelajaran olahraga pasti gue lihat Macito, tapi gapernah naik wkwk. Akhirnya hari itu kesampaian juga untuk naik. Karena di top roof terbatas sehingga gue dan Jihan buru-buru menempati top roof, huahaha. Ga tamak kok kita, lagian memang ada sisa ya kita serbu laa. Woah keren juga ya, pertamanya nanti kita muterin bundaran tugu trus melewati Hamid Rusdi(SMPN 5), ke Pasar Besar(Pecinan, Kampung Arab), Ijen dan berakhir lagi di Tawira ditemani mba2 guide tour yang menjelaskan setiap spot yang kami lewati. Lucunya kami bertemu Amel dan temannya yang baru keluar dari Gramedia, dan kami melambaikan tangan dan mereka seperti terkejut ahah. Sayangnya pada sela-sela perjalanan turun hujan deras, akhirnya ya pada turun semua dah, seperti bis biasa, cuman yang gue rasakan, kacanya lebih besar gitu.
  Kesan gue ikut lomba PHP UM 2017 ini, panitianya kurang ramah, dan jelas banget kayak kurang ada pembagian tugas gitu. Yagitudeh.




Comments