Skip to main content

Ketika ZERO MOTIVATION

Ketika PAS menjelang semangat membara, ketika menjalani entah kenapa motivasi drop. Males-malesan, hopeless, nunda2 dan akhirnya besoknya menyesal. Kali ini tulisan ini kutulis untuk diriku saat sudah menjajaki perguruan tinggi, aamiin. Disini kutuliskan bagaimana aku menghadapi disaat aku dalam "zombie state"ku.

     Sehari sebelum PAS Matematika Peminatan, aku hopeless banget karena berasa tiap ulangan semacam remed trus, padahal aku tau materinya ya gitu-gitu aja, gampang, kok gue mepet2 nilainya, mungkin kurang berdoa. Ditambah lagi ternyata yang bikin soal guru lain, ada beberapa hal yang belum diajarin oleh guruku tapi dikeluarin. Lah gimana guys? Tiba2 entah gimana diberitahu kalau soal asimtotnya ada yang dalam bentuk logaritma dan eksponen. Jleb. Well, iya sih kita gaboleh bergantung sama guru, jadi yaudahlah ya. Aku juga uda minta catatan ke temen yang diajari guru kelas lain, tapinya dia semacam males ngepapin, alibinya catatannya gak lengkap lah, gajelas, hey gue disini kagak ada catatan tentang gituan gimana ya. Skip skip, gue tetep berusaha baca catatan yang ada, tapi kok gue lupa sama sekali ya. Panik, akhirnya berlayarlah gue di sebuah website pembelajaran dan Youtube yang mengajari gue segala hal haha, coba deh search di blogku website dan akun Youtube apa yang gue gunakan. Nah disini gue temukan sebuah pembangkit minat belajar wkwk. Jadinya gue langsung mengarungi video soal pembahasan. Awalnya gue kebakar gitu ya otk guue tapi gue coba teknik deliberate practice, meski ga ngerti2 amat itu gimana, gue baru merasakan teknik itu caranya coba latihan soal meski ngangerti libas aja! Ntar lama2 paham. Disini gue langsung, "ooh moment" mulu dan perlahan kebulan otak gue yang kebakar menipis, sangking baru ngerti klo di soal limit ada sin x dan tan x bisa langsung ilangin sin dan tan nya jadi x dan x, tentu saja dengan konsep dibagi x. Nah guys gatau gimana di pembahasan di website itu gada tentang garis singgung dan tetiba juga muncul soal random tentang peluang. Akhirnya garis singgung yang agak berhubungan dengan materi asimtot gue skip. Di hari pengerjaan gue langsung libas tuh halaman pertama, dari 10 soal pertama yang isinya limit trigonometri palingan cuma 2/3 yang gabisa, sangking gue overproud akhirnya disaat gue balik lembar kedua dengan keras sampai kedengeran suaranya, leh, apaan neh, gue mulai stuck. Bentar2, ini kayaknya gini. Gue sempet lupa asimtot itu kek gimana, akhirnya gue bersandar pada konsep paling dasar yaitu misal asimtot mendatar berarti kan ga nyentuk x nya berarti x nya tak hingga, berarti y nya ada, nah untung itu konsepnya gue paham. Akhirnya gue nyari soal yang idenya bisa langsung mengalir, nah akhirnya di soal2 yang gue stuck itu akhirnya bisa. Intinya skimming semua soal, langsung cus ngerjain yang bisa langsung dikerjain, ntar ide buat ngerjain soal medium bakalan tumpah-tumpah #EtdahApaanSih. Lah kok ada soal garis singgung guys. Gue cuma inget klo ini diturunin brapa kali gitu bakal jadi garis singgung, tapi gue bingung, ini gimana ya bikin persamaannya, dan akhirnya gue menyesal ga buka pembahasan 1 doang itu. Ya berarti pelajari apa aja guys.

     Nah itu tadi salah satu cuplikan cerita gue saat PAS, sekarang gue sudah menginjak hari keberapa ya. Oiya gue mau kasih tau kalau jadwal PAS sekolah gue itu sangat2 maju, jadi tanggal 27 April gue udah PAS sedangkan sekolah lain baru tanggal 15 Mei. Ya ada keuntungannya sih karena kita PAS nya kayak 1 day on, 1 day off, hari ini masuk besok libur, jadi ada persiapan. Nah ini harusnya bisa jadi waktu untuk belajar, tapi juga bisa jadi jebakan setan. Yak, males. Nah ini lagi gue adepin. Penyebab gue males adalah capek, gue bingung guys karena rasanya gue udah tidur cukup lah, 7 jam ada, ditambah tidur 20 menit saat ujian sangking ngantuknya. Akhirnya mulai hari ini gue putuskaan untuk berolahraga 5 menit untuk pemanasan, 5 menit selanjutnya untuk skipping (lompat tali), gue pilih yang gak berat2 karena udahlah 5 menit itu aja napas, badan kaga mau diajak kerjasama. Rencananya ya pasti ditambah2 bismillah, semoga! Selain itu gue cari tau kenapa gue capekan, gue menelusuri di Youtubenya Thomas Frank, gue menemukan kalau kita bangunnya gak sesuai dengan fase-fase tidur ntar bangunnya bakalan mess up banget, dan dia juga nyaranin tidur dan bangun sesuai rekomendasi di website ini http://sleepyti.me/. Ntar baru gue coba, jadi ntar lu tinggal pilih mau bangun jam berapa nanti direkomendasikan jam berapa lo tidur, sesuai rekomendasi ntar gue mau tidur jam 10.30 dan bangun jam 3. Nah yang ditunggu-tunggu dalam hal belajar gue yang sangat dalam kondisi dibawah maka gue mencari teknik yang oke, gue sudah mencoba teknik Pomodoro Technique, gue bisa pake di app atau di web ini https://pomodoro-tracker.com/#. Gue tadi nyobain teknik ini untuk belajar dari buku dan gue merangkum lah istilahnya sekalian latihan soal gue bisa bertahan dan sampe belajar gue selesai dengan pertamanya 25 menit belajar lalu 5 menit istirahat, dilanjut 25x2 belajar. Teknik ini bikin fokus banget guys, dan belajar lebih langsung masuk aja. Gue menemukan kalau 25 menit itu terlalu pendek guys sepertinya, menurut Youtuber Jerome Polin, di Jepang pake teknik belajar 50 menit, 10 menit istirahat, kapan2 gue cobain deh.

Comments

  1. Wah ini jadi kecipratan ke aku loh, aku coba juga ah cara belajar begitu. Tapi di mulai dari 25 menit belajar lalu 5 menit istirahat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih ga overheat kan si otak wkwk, mantap memang

      Delete

Post a Comment

Assalamualaikum
Monggo :D