Skip to main content

JATIM PARK 3: DINO PARK (PART 1)

Tanggal 9 Juli hari Senin kemarin gue pergi ke Jatim Park 3. Salah satu amusement park yang tergolong baru dan hits di Kota Batu. Jatim Park 3 terbagi atas Dino Park, The Legend Star Park, Tech Plaza, dan Museum Musik Dunia. 

Hari itu sekeluargaku sampai ke sana jam 1 siang dan parkiran hampir penuh oleh mobil dan elf, maklum musim liburan.  Setelah membeli tiket terusan (Dino Park, The Legend Star Park, dan Tech Plaza) seharga 130.000 karena pake promo OVO haha. Kami berlima langsung menuju ke Dino Park yaitu taman rekreasi utama di Jatim Park 3 ini juga karena alasan waktu.
Jam Buka Dino Park : 11.00 WIB - 18.00 WIB
Harga Tiket Masuk
  • Weekday & weekend : Rp. 100.000,-
  • Dino Park + The Legend Star : Rp. 170.000,-
  • Dino Park + The Legend Star + Museum Musik Dunia/ Fun Tech Plaza : Rp. 200.000,-

DINO PARK
Pertama kali mau masuk seperti biasa gelang yang sudah dibeli di loket tiket akan dipasangkan ke tangan dan diperiksa tas nya (tidak boleh bawa minuman dalam kemasan plastik ya seperti pada umumnya). Disambut dengan patung-patung dinosaurus yang biasanya muncul di film/ TV.


Masuk ruangan ke-2 yaitu Museum Dino disambut oleh fosil dinosaurus seperti Ankylosaurus, Triceratops, dan tidak ketinggalan Tiranosaurus. Suasana di ruangan kedua mengingatkan gue saat berkunjung ke Museum Satwa. Terdapat fosil, kerangka, dan serba-serbi dinosaurus seperti anatomi dan persebaran dino.
Masih di ruangan yang sama, terdapat permainan interaktif seperti suara dinosaurus, flash quiz, mewarna dan lain-lain. Sayangnya beberapa sudah ada yang tidak berfungsi contohnya scan telur.

Setelah disuguhi pengetahuan secara tulisan, gambar, dan suara di berbagai sudut ruangan selanjutnya kami ke atraksi Jelajah 5 Zaman. Saking ramainya kami harus menunggu sampai 30 menit, tapi tenang saja disediakan tempat duduk dan toilet. Sebelum menaiki atraksi terdapat jasa foto dengan background JP3 seharga 50.000, namun karena backgroundnya kurang menarik ya akhirnya kami lewati. Dengan menaiki kereta raksasa dengan kapasitas 48 orang awalnya kami disuguhi film pendek mengenai kehidupan dinosaurus selama 5 zaman tersebut, kemudian kereta bergerak dan melewati 5 zaman. Atraksi ini cocok untuk orang yang malas baca pada zona 2 seperti saya karena disini disuguhkan pengetahuan dengan narasi pembagian 5 zaman yaitu zaman Permian, Triassic, Jurrasic, Cretaceous, dan Ice Age.

Lanjut ke zona 6 yaitu Jembatan Akar. Dikelilingi danau dan terdapat Elasmosaurus dan angsa yang berenang. Sayangnya entah sedang dikuras, atau memang danaunya dibuat kering dan agak kotor akan sampah sehingga estetikanya berkurang.

Setelah melewati jembatan terdapat Food Court. Lanjut ke Area Rimba, sepanjang perjalanan terdapat dino yang bergerak-gerak juga spot foto yang asik. Kalian juga bisa berfoto menaiki dinosaurus seperti fotoku dibawah ini.




Setelah melewati habitat dino di darat (The Rimba), kami digiring ke habitat dino di air (3D Aquarium). Untuk menikmati wahana ini kita disediakan kacamata 3D untuk melihat dino air secara 3D.


Lanjut ke Wahana Ice Age. Sebelum benar-benar masuk ke wahana ini gue berekspetasi suhu ruangan disini lebih adem dan ada semburan snow tapi ternyata ekspetasi gue salah huhu. Di wahana ini terdapat hewan-hewan yang hidup di jaman es seperti mammoth dan smilodon.



Keluar dari wahana Ice Age, kami disambut oleh gambar Negara dimana Dinosaurus Ditemukan, mulai Mesir, Cina, Jepang, dan Spanyol.

Sebelum melanjutkan perjalanan kami beristirahat di zona 22 (Life With Dino), disana disediakan beberapa gazebo. Juga kami shalat Ashar di mushola yang disediakan, rata-rata keadannya bersih, mukenahnya tidak bau, antar cowo dan cewe dipisah, intinya nyaman. Di dekat mushola yang kami pakai dekat dengan Active Fun House.


Untuk di zona ini suasanya seperti di Turki, sayangnya orang-orang yang dipajang di atas istana adalah banner, lebih bagus lagi kalau orangnya itu beneran, singkatnya cosplay lah.

Lanjut ke zona  Dinotopia Food Street
Di zona ini terdapat berbagai wahana yang cocok untuk segala umur, rasanya seperti di Timezone Oudoor atau bisa juga Pasar Malam. Ada Dino School yaitu tempat anak-anak mewarnai dino, Dino Bumper Car alias bom bom car. Terdapat token atau gampangnya poin yang didapatkan dari berbagai permainan seperti menembak, melempar dart ke balon, memancing ikan-ikanan yang bisa ditukarkan dengan hadiah.

Dari sekian permainan, terdapat permainan yang patut dicoba yaitu Dino Lasermaze, dimana nantinya kita melewati ruangan tanpa mengenai laser layaknya di film James Bond.


Selanjutnya gue mencoba wahana Pirates Ship yaitu permainanan kora-kora. Setelah menaiki wahana ini rasanya mual, klo kalian beli tiket terusan mendingan gausah naik ini deh haha.


Wahana terakhir yaitu Istana Boneka Family Fun Rides. Kita akan menaiki kereta mini dan melewati berbagai boneka dino lucu yang bergerak, menurut gue inti dari wahana ini yaitu apa jadinya kalau dino yang jadi manusia, misalnya dino berpakaian ala ala star war. 


Overall bagus, hanya perlu di maintenance aja sih karena seperti yang gue bilang di ruangan awal tadi banyak alat interaktif yang udah ga fungsi.  Juga sebaiknya banner orang diganti dengan yang lebih hidup misal patung lilin. 

FASILITAS
Sarana dan prasarana seperti tempat istirahat, toilet(untuk difabel ada sendiri loh),baby care, food court, sholat di tiap spot pasti ada jadi ga bakalan kecapekan tengah jalan. JP 3 yang mengklaim bahwa Dino Park ini taman dino terbesar di Asia secara luasnya 5 hektar sudah bagus menyediakan E-bike station juga rute kursi roda dan e-bike. Namun seharusnya pengunjung diberi peta secara fisik juga diberi penjelasan dan penjelasan tambahan seperti jadwal pertunjukan. Untuk para pendatang luar kota banyak hotel yang disediakan tepat di sebelah JP 3 ini. Bagi kalian yang kepingin ke USS, percaya deh ini mirip dengan taman rekreasi JP 3, gakalah kok sama USS yang harga tiketnya sampe 1 juta. 

Nah gimana yuk cus ke Kota Batu dan mampir JP 3! Selanjutnya setelah main ke Dino Park aku main ke The Legend Star Park dan Tech Plaza yang akan tuliskan di part selanjutnya! :)

* HAPPY HOLIDAY *

Comments

  1. Wah jadi tahu nih aku detail foto-fotonya disini, pernah lihat fotonya sih tapi sekilas aja. Karena belum pernah kesana baca ini jadi tahu terlebih tiket masuknya.

    Bulan lalu temenku ke sana, tapi aku belum sempet ikut. Semoga lain kali bisa ke situ, setidaknya tahu dulu dari baca ini..he

    Kok kaya benera ya itu dinosaurusnya, udah gitu bisa di naikin gitu. Kalau kesana pengen deh naik dino juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah abang perlu kesini banget sih karena gabakalan bikin nyesel.
      Iya beberapa ada yang bisa dinaiki,seru banget dah.

      Delete
  2. wih keren amat mba, ini rencana tanggal 1 Agustus di kantor saya mau piknik ke Jatim Park 3 lho, haha ini kok bisa pas gini ya, bisa tau keadaan disana sebelum berangkat, dan kalau disana biar ga bingung soalnya udah baca tulisan mbak ini haha.

    Nanti kalau kesana mau bikin artikel juga ahh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih pas banget haha, syukurlah kalau ntar bisa membantu.

      Sip nanti sekalian biar bisa mbandingin perkembangannya JP3.

      Delete
  3. Itu harga tiketnya untuk perorangan atau gimana mbak?
    Seru juga ya tempat wisata kayak gini, bisa nambah wawasan juga. Disini gak ada yg kayak begitu, tapi sayang juga sih yaa kalau ada permainan interaktif yg udah rusak gitu, kan jadi berkurang permainannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu perorangan kak.

      Wah kebetulan aku di Kota Malang, jadinya mau main ke Mall, JP 1,2,3 deket hehe, bersyukur aku hihi

      Iya nih semoga bakalan diperbaiki

      Delete
  4. Wadaw! Seru bgt ya mbak. Cupu banget baru tau ada kayak gini. Hehe

    Eh iya, boleh saran gak mbak. Menurut saya tulisan dibaca menggunakan HP, terlalu kecil. Hehe.. coba dipertimbangkan mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadaw main kesini lah sekali-sekali hehe.

      Oops, termimakasih bang, ini memang baru-baru diganti template. Makasih loooh

      Delete

Post a Comment

Assalamualaikum
Monggo :D