Hidup itu penuh perjuangan!

Sejarah Senam Lantai

Sejarah Senam Lantai

Sejarah Senam Lantai

Setiap sesuatu yang ada sekarang pastilah mempunyai sejarah,tidak terkecuali yaitu senam lantai. Senam lantai adalah senam yang dilakukan di lantai atau di atas matras berbentuk persegi yang berukuran 12x12 yang sangatlah mahal harganya. Senam merupakan jenis olahraga yang kental akan budaya Yunani kuno, yaitu menyembah dewa Zeus.
Pada awal abad20 senam mulai diperkenalkan sebagai salah satu cabang olah tubuh yang kemudian menjadi tenar di berbagai negara. Dalam masa perkembangannya senam dibagi ke dalam jenis-jenis yang lebih spesifik, salah satunya yaitu senam lantai.
Biasanya kita mendengar bahwa peranan bangsa Yunani-lah yang membuat senam lantai ada sampai saat ini, tetapi pada kenyataannya ternyata di Cina Kuno 2700 sebelum masehi, mereka telah mengenal beberapa bentuk sederhana dari senam lantai yang dahulu dilakukan di biara-biara dan bukanlah disebut sebagai senam tetapi bagian dari pengobatan dan beladiri. Catatan mengenai gerakan sederhana dari senam lantai dapat kita jumpai di kitab peninggalan Khonghucu serta murid-muridnya yang banyak menceritakan tentang gerakan tertentu untuk tujuan medis.
Selain Yunani dan Cina Kuno, senam ini juga tidak lepas dari negeri Bolywood. Negeri ini memang tidak ada yang tidak kenal bahwa negeri ini memang sudah lama dikenal sebagai salah satu tempat sejarah pengobatan dengan metode pernafasan dan gerakan tubuh, langkah ini lekat dengan kepercayaan agama yang dianut di India. Salah satu warisan India yang kental akan sejarah senam lantai yaitu yoga. Jika kita perhatikan dengan saksama banyak kesamaan antara yoga dengan senam lantai, salah satunya yaitu sama-sama membutuhkan kelenturan badan. Seperti cerita di atas, yoga awalnya yaitu sarana untuk menyembah dewa.
Sejarah senam lantai bisa kita kenang melalui tulisan atau gambar pada piramida di Mesir. Terdapat berbagai cerita yang digambarkan oleh nenek moyang Mesir. Para nenek moyang Mesir menceritakan tentang kehidupan mereka yang tidak luput dengan olahraga sederhana,salah satunya yaitu senam lantai.
Sedangkan munculnya senam ini di Indonesia bersamaan dengan masuknya tentara Jepang, dapat dibuktikan dengan dikenalkannya senam Talso dikalangan tentara PETA. Pada tahun 1963 senam mulai dipertandingkan di pesta olahraga GANEFO (Games The New Amarging Force) dan induk organisasi di Indonesia yaitu Persani (Persatuan Senam Seluruh Indonesia).

Dapat disimpulkan disini, senam lantai belum pasti dimulai dari awal abad 20, tidak nihil jika senam ini sudah ada sebelum masa-masa awal abad 20. Selain itu dapat disimpulkan juga bahwa senam lantai berasal dari gerakan untuk memuja dewa/Tuhan Yang Maha Esa.

ditulis kembali oleh: Amira Rachmatillah
sumber: lupa -_-''

24 komentar

Salam kenal gan. . .
Artikelnya bagus sekali, dari sejarah ini saya akhirnya jadi tau asalnya seperti apa? sehingga menginspirasi saya untuk mencoba. Oiya tau gak tempat yang jual baju senam terbaru di Surabaya dimana ya? terimakasih ya agan semoga sukses selalu^^

salam kenal :) . . . utk senam lantai sndri mulai populer di indonesia dri kapan yah ?? apkh dri awalny jga sdh mmkai baju senam sperti skrg ini ?? n btw klo mau bli baju senam berkualitas harga grosir dmna yah ??

salam kenal gan... artikelnya menarik gan.... kalo boleh tau apakah untuk senam lantai ada baju senam seperti apa ya gan.... n kalo beli baju senam murah dimana ya gan.... ??? :)

salam kenal gan... artikelnya menarik gan.... kalo boleh tau apakah untuk senam lantai ada baju senam seperti apa ya gan.... n kalo beli baju senam murah dimana ya gan.... ???

mungkin di pasar genteng ada, saya bukan orang surabaya hehe

senam lantai bisa pake baju olahraga biasa kok, cuman klo yg profesional bajunya kyk baju renang (saya ngga tau namanya)

tahun 1963. di toko olahraga saya kira cukup banyak

Salam Kenal ya...

Info yang menarik nie..... kalau boleh tau, kapan waktu yang tepat buat melakukan senam tersebut? apa boleh dilakukan setiap hari? dan ada g baju senam murah dengan bahan yang nyaman dipake untuk senam lantai?

Thnks ya... & sukses selalu.... :)

soreee gan.....
mau tanya nich gan untuk senam lantai apakah harus dilakukan secara rutin trus jika tidak apakah ada dampaknya.....??? oiya mau tanya juga nich tau gak toko baju senam...???

Kalau di surabaya apakah ada informasi tentang sanggar senam yang favorit, dan dimana tempat yang menyediakan baju senam murah disini?, trims infonya :)

salam kenal,

kalu gerakan yoga yang di peruntukkan untuk ibu hamil seperti apa ya?.... dan toko yang menjual baju senam untuk ibu hamil dan terbuat dari bahan apa yang nyaman dipakai dan harga terjangkau?

thanks dan sukses selalu websitenya :)

salam hangat dari ane, mau tanya ni gan perbedaan masalah pakaian olahraga adidas dan pakaian olahraga nike itu apa ya gan

Thank kak untuk infonya, oh iya kak bisa bagi info donk tentang baju senam terbaru , yg daerah jakarta atau surabaya

Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis, Ilmu Komputer

Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

Salam manis dari ane, dan terima kasih atas bantuannya, artikel anda sangat membantu ane meringankan tugas, oh iya bisa minta penjelasan, maksudnya baju senam cantik itu seperti gimana kah ?

Salam Olahraga Gan,,

artikelnya keren dan sangat membantu,, terima kasih.
apakah senam lantai pada saat ini masih terkenal atau udah pudar Gan?
klu masih eksis, apa penggunaan bajunya menggunakan baju senam crystal ??

Salam Super,,
Siapa yg pertama kali mempelopori senam lantai di Indonesia?
di mana ya sist tempat jualan baju senam cantik disekitar Banyuwangi ya toko online gitu?
salam sukses dan thanks atas artikelnya ya ^_^

Salam Olahraga
Jika terjadi kesalahan dalam melakukan senam aerobik sehingga mengakibatkan cidera pada anggota tubuh, sebaiknya langkah pertama yg harus dilakukan bagaimana? dan bisa ngasih info mengenai tempat penjualan baju aerobik wanita khususnya di daerah Surabaya?
Terimakasih atas artikelnya yg bermanfaat ini :-)

bagus banget artikelnya, mengerjakan pr lebih mudah :D

salam kenal sist
arikelnya informatif sekali..kalo tmpat jual baju senam buat senam lantai dimana y? makasih...

kapan aja bisa kok, baiknya sih pagi2 atau sore kayak olahraga lainnya ^_^

wah mbaknya di regional mana?
Senam lantai bisa dilakukan dimana aja kok, bahkan dirumah juga bisa
yang penting ada matrasnya itu udah cukup

Assalamualaikum
Monggo :D