Pengeluaran Pertama Maba Kedokteran Gigi - phunsukhwang.blogspot.com

Pengeluaran Pertama Maba Kedokteran Gigi



 Sebagai calon mantan maba kedokteran gigi disini aku mau share jumlah uang yang harus kalian siapin di tahun pertama kalian masuk FKG. BTW jumlah yang aku paparin habis ini belum termasuk UKT, Kost. Yang aku bahas cuma alat dan buku untuk penunjang kuliah di FKG UB. Disini aku bakal nyebut terang-terangan angka totalannya dan kasi kalian tips mana yang dibeli mana yang gak biar pengeluaran kalian ga bengkak mengingat kalau kalian rencananya ngekos pasti tambah bengkak aja ya. Selain itu aku juga ngasi tau tempat belinya juga kalau kalian kuliah di Malang. Apalagi barang-barang yang aku sebutin ini gak ditanggung UKT. 


Aku tau rasanya jadi maba kayak bingung, panik gajelas sendiri pingin nyiapin segala hal, apalagi kalau kalian masuk SNM pasti ngerti lah habis UN langsung nganggur gajelas jadi daripada bingung ngapain ya kan. Gak enaknya jadi maba apalagi yang ga punya kenalan pasti bingung banget dan kadang bawaannya borong aja. STOP jadi maba panik, oke. Yok langsung ae ya rek.


Pertama, alat dan bahan. Aku ga bakal nyebut satu2 alatnya karena banyak banget dan bakal aku jadiin video terpisah aja ya. Tahun pertama banget kita udah belajar cara manipulasi material kedokteran gigi, ngapain aja? Nah itu udah aku bikin video, kalian cek aja di tombol i pojok kanan atas ya! Ini beberapa alat yang harus kalian siapkan, kalau kalian mau tau jelasannya bisa kalian cek di blog aku. Nah ini yang aku merah-merah in aku rekomendasiin gausah beli karena ga butuh2 banget. Sedangkan yang warna hijau aku saranin beli karena sering dipake. Untuk yang kuning mending pinjam aja. Sedangkan warna merah artinya ga urgent untuk dibeli.


Selain itu, barang yang wajib banget beli itu jaslab putih, masker dan handscoon. Untuk jaslab mendingan kalian beli 2/3 karena 1 minggu itu bisa tiap hari praktikum dan SL, apalagi karena ada SL IMKG jadi gampang banget kotor. Masker dan hanscoon sering banget dipake untuk semua kegiatan, terlebih untuk praktikum anatomi yang harus megang kadaver dan bau formalin yang nyengat banget.


Alat-alat tadi yang aku sebutin bisa dibeli di BEM, Cobra Dental, Rukun Dental, temen, danus dkk. 


Untuk total harganya? Kalau kalian merasa sultan dan beli semua Rp.1.613.000. Kalau kalian tim irit kayak aku Rp.1.381.000, dan kalian udah hemat Hemat: Rp. 232.000. Sebenarnya kalian bisa lebih hemat lagi kalau pinter-pinter cari harga yang murah. Caranya? beli sendiri gapake jastip


Kedua, buku. Ada yang pernah tanya buku di kolom komentar, makasih pertanyaannya. Untuk aku sendiri bukan pecinta buku ya karena jujur aja yang keluar di ujian itu dari PPT dosen dan sama aja kayak di buku. Tapi mungkin ada dari kalian yang pingin baca2 gitu kan ya. Nah ini ada beberapa list buku yang aku rekomendasiin beli. Sebenarnya banyak pilihan pas kalian maba, banyak ditawarin buku ini itu dari yang kw sampe ori. Kalau aku sih karena bukunya ga akan kebaca dan lebih milih baca jurnal online karena lebih ringkas jadinya milih ga beli. Selain itu juga, reganee reek. Buku yang tak rekomendasiin cuma 2, iya. Ada buku kamus kedokteran gigi dan buku saku determinasi. Buku kamus ini dipake buat PBL blok 3 sampai 4. PBL apa? Nanti aku bikin video tersendiri yaa. Aku rekomendasiin karena buat dibawa aja sih dan ringan, cocok untuk yang gasuka bawa berat kayak aku wkwk. Selain itu ada buku entah karangan siapa, buku determinasi gigi, yang pasti ini buku guna banget, beneran. Btw untuk dapetin kalian mending fotocopy punya kating aja ya, kan judul videonya mau irit 


Kenapa aku ga rekomendasiin buku dorland? buku dorland ini sering banget dibawa pas blok 2 buat PBL. Tapi setelah blok 2? ga kepake, jadi mending pinjam aja. Ada juga buku Sobotta, itu aku kurang suka sih, selain mahal, kurang membantu untuk ujian, aku lebih suka ebook Yokochi yang isi gambarnya kayak gini. Memang sih harus bawa pas praktikum, mending pinjem aja deh.


Buku-buku tadi yang aku sebutin bisa dibeli di Danus, Togamas, temen dkk. 


Untuk total harganya? Kalau kalian merasa haus buku dan beli semua totalnya lebih dari 2 juta, kalau kalian pinter pinjem, fotocopy dan milih buku yang aku rekomendasiin, kalian cuma harus keluar 60 ribu. 


Sekian dulu video "Pedoman Maba Kedokteran Gigi", nantikan video lainnya ya, coba kalian tulis di kolom komentar bawah mau aku bikinin video apa ya! Terimakasih supportnya! :)


Semester 1 dan 2PENGELUARAN UNTUK KEBUTUHAN SL DAN PRAKTIKUMPerilaku Profesional1Malam MerahRp. 50.000beli per pak yg soft/medium aja bisa bagi2YESCobra DentalSL FAALNoNama AlatHargaKeteranganBUY?Where to buy1PenlightRp. 25.000ga dipake pas ujianNOToko Alkes2Tensimeter+ StetoskopRp. 110.000kepake buat latihan doangNOToko AlkesSL IMKG1Lap Putih Katun Polos 40 x 60 cm 2 lembarRp. 20.000beli yang per meteran aja biar ngirit krn kepake terusYESToko kain2

Bowl (ukuran besar 1 buah,sedang 1 buah) 2 buah


kepake banget buat ngudekYES

Cobra dental/ Rukun Dental/ Kating/ Danus/ Temen


3Gelas ukur 1 buahRp. 27.000YES4Sendok cetak penuh RA & RB no 1, 2, logam, @2 pasang@ Rp. 25.000bisa dipake bolak balikYES5Sendok cetak sebagian, logam 2 buah@ Rp. 25.000bisa dipake bolak balikYES6Spatula elastomer, logam 1 buahRp. 50.000YES7Spatula alginat, plastik 1 buahRp. 40.000YES8Spatula gips, logam 1 buahRp. 25.000YES9Spatula semen 1 buahRp. 30.000YES10Spatula GIC, plastik warna biru 1 buahRp. 15.000YES11Scalpel 1 buahRp. 14.000YES12Mata pisau scalpel/bisturi/mess no 15 2 buahRp. 10.000belum kepake, tpi dicek kelengkapanMAYBE13Pisau malam 1 buahRp. 15.000YES14Pisau model/lecron 1 buahRp. MyYES15Pisau gips 1 buahRp. 25.000YES16Carver 1 buahRp. 20.000YES17Sonde halfmoon 1 buahRp. 25.000YES18Sonde lurus 1 buahRp. 25.000YES19Pinset dental 1 buahRp. 25.000YES20Semen stopper 1 buahRp. 25.000YES21Filling instrument logam 1 buahRp. 25.000YES22Spiritus Burner (kaca) 1 buahRp. 35.000spirtusnya mintak lab aja wkwkYES23Tip aplicator 4 buahRp. 50.000beli yang 1 pak aja, sering kepake, ada yg 200k jangan beli yg itu wkwkwk kecuali anda sulthanYES24Kuas besar 1 buahRp. 5.000kuas lukis kecil ajahYES25Lempeng kaca / glasslab 2 buahRp. 40.000YES26Cuvet ukuran besar 1 buahRp. 200.000pinjem kating ajaYES27Alat press ukuran medium 1 buahRp. 100.000YES28Tali rafia 1,5 meterRp. 10.000beli meter2an biar bisa bagi2YES29Spuit 2,5 cc 2 buah@ Rp. 1000YES30Dappen glass 1 buahRp. 25.000YES31Ring/mur logam 4 buah@ Rp. 1000ukuran sedang, buat latihan kompositYESToko bangunan32Mangkok porcelain dengan tutup 1 buahRp. 25.000YES

Cobra dental/ Rukun Dental/ Kating/ Danus/ Temen


33Chip Blower 1 buahRp. 60.000beli yang buat lensa karena lebih awet dan anginnya "Wusss"YES34Kotak bening tertutup 1 buahRp. 10.000ukurannya cukup dimasukin 2 rahang tiruanYESToko plastik37Gergaji besi 1 buahpinjem aja, pas itu ga kepake karena pake paluNO

Toko bangunan


38Kertas gosok berbagai ukuran 2 lbr per ukuranRp. 2.000YES39Mata bur stone (hijau dan merah) @2 buahRp. 15.000klo aku pinjem kating tpi ternyata di semester atas kepake, jadi beli ajaMAYBE

Cobra dental/ Rukun Dental/ Kating/ Danus/ Temen


40Mata bur fraser 2 buahRp. 60. 000klo aku pinjem kating tpi ternyata di semester atas kepake, jadi beli ajaMAYBE41BurnisherRp. 25.000disaranin krn bentuknya enak, tpi menurutku biasa ajaNO42ToolboxRp. 180.000YESAce Hardware            43Model RahangRp. 30.000cuma buat latihan, mending pinjem katingNOkatingSemua SL dan Praktikum1JaslabRp. 90.000disaranin minimal punya 2 karena 1 minggu bisa 3x SL dan praktikum, dan klo SL macam IMKG fix selesai SL kotor kena ini itu. Kalau mau yg lebih murah 10k beli di FK wkwkYES

BEM/ Fakultas sebelah


2MaskerRp. 21.000kepake buat praktikum anatomi dan ngebur, beli per pak ajaYES3HandscoonRp. 28.000kepake buat praktikum anatomi, beli per pak ajaYES

TOTAL


1MABA PANIK + SULTAN (Beli Semua)Rp.1.763.000,02MABA IRITRp.1.381.000Hemat: Rp. 232.000PENGELUARAN UNTUK BUKU1Buku Kamus DorlandRp. 239.000second/ pinjem aja, gak pernah tak baca, cuma dibawa pas PBLNO

Togamas, temen, kating, dikasi, second


2Kamus Kedokteran GigiRp. 50.000gaktau itu kw apa g(beli di temen), gak pernah tak baca, dibawa pas PBLYES3Buku Saku DeterminasiRp. 10.000fotocopy punya kating ajah! Berguna bangetYES4Buku Anatomi GigiRp. 70.000guna tapi foto punya temen aja wkkwNO5Buku Sobotta 1-3Rp. 2.000.000disuru bawa per kelompok, mending pinjem kating, aku lebih suka buku YokochiNO6Buku Farmakologi UIRp. 30.000katanya kating dipake, aku ga kepake mungkin karena edisi wfhMAYBE

kalau mau dilist banyak lagi buku2 dari buku Juncquiera, buku dosen dkk


aku gak beli, tpi kalau kalian suka buku beli aja


TOTAL PENGELUARAN BUKU1MABA PANIK + SULTAN (Beli Semua)Rp. 2.389.0002MABA IRITRp. 60.000Hemat: >Rp. 2.000.000

Belum ada Komentar untuk "Pengeluaran Pertama Maba Kedokteran Gigi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel