rasanya merasa tertinggal - phunsukhwang.blogspot.com

rasanya merasa tertinggal

 

Kenapa Nyontek itu Gaperlu

Selama ini banyak yang memandang curang dalam ujian seperti nyontek, kerjasama, ngerpek itu adalah penolong hidup. Tapi menurutku gajuga bro.

Kalau kalian nanya aku pernah nyontek ga? Aku gabegitu yakin mau jawab apa. Pastinya saat SD aku pernah ada dalam suatu keputusatasan saat tryout, iya bukan ulangan, aku sangat ragu dengan satu soal, dan kebetulan aku melihat teman di depanku saat itu, dia bukan yang terbaik di kelas sih, cuman aku penasaran jawab apa, eh ternyata dia jawab salah satu dari dua pilihan yang aku bingungkan, jadinya jawabanku kuganti, eh ternyata jawaban pertamaku yang betul, jadinya nilaiku ga sempurna huhu. Sejak saat itu aku bertekad gamau nyontek gitu, pasti aku rugi. Aku pun gangerti kenapa dulu aku gamau terlibat dalam percontekan, kalau temen2ku nanya saat ulangan pasti aku jawab gatau, klo gagitu gamau, jadinya mereka agak gimana gitu ke aku wkwk.

Setelah menjalani kehidupan 18 tahun, entah gimana kabarnya mereka yang suka curang, tetep aja kebanyakan yang ga curang yang ada di atas, eh iya ga sih, gatau, karena aku fokus ke aku sendiri haha. Akan aku sajikan dari sudut pandangku.

Jujur sering ada pressure kalau otak udah ga belajar, mentok, apalagi saat fisika kelas 3 di SMA, helpless lah gua, setres remidi terus, untungnya aku lebih sabar lagi. Iya emang hasilnya hmmm hmmm. Kelas 10 pun aku hampir gapernah remidi fisika, nilai 85 an, tapi UASnya kebanyakan dapet 40 an, nilaiku lumayan lah ada diatas-atas. Lah di rapot dapet 82, sedih lah aku, sejak itu aku udah ga terlalu ngejar gimana2, penting ga remidi aja deh. Apalagi kata temen2ku katanya nilai di sekolah ini itu subjektif, aku gangerti sih, ini ngomong ke aku nyindir apa gimana. Aku pun kalau akhir-akhir semester suka ngasih catatanku ke guru untuk nilai tambahan wkwk, helpless banget kan. Banyak jalan menuju Roma kok. Aku baru paham saat nilai pelajaran musik 76 an, padahal aku kalau pelajaran 'enteng' ga pernah dapet segitunya, eh ternyata karena ada masalah lalala, males aku ngomongnya, guru ini juga terkenal jahat sepanjang masa semua angkatan juga tau, semoga orang ini dapet balasan setimpal aja deh, aamiin. Kata guru ini dia nilainya subjektif, lah bukannya semua guru2 selalu ngomong nilai itu harus objektif, lah orang ini malah ??? Tapi gapapa sih aku juga ga peduli toh gpenting juga (wkwk semoga aku tak dikutuk), skip2 kok malah hibah wkwk. Intinya adalah sebobroknya nilaimu kalau kamu jujur akan ditolong Tuhan, ga kerasa emang, ga usah khawatir yang penting kamu berusaha nanti pasti bakalan ditolong.

Masa SD dan SMP aku jarang2 ada di 10 besar karena emang ga niat sekolah, niat nyontek pun gada. Aku masih belum aware karena ga belajar pun terasa nilaiku oke aja, lagian ga punya tujuan hidup. Setelah sempet jatuh (ceritanya kena azab karena nggampangin) karena nilaiku kurang 0 koma untuk masuk sekolah sebelah, satu semester aku habiskan dengan helpless, sedih, murung, aduh gajelas, sejak lomba pertama di SMA aku jadi lebih semangat belajar sendiri karena aku kebanyakan dispen dan di sekolah malah fokus untuk KTI. Sejak itu aku selalu seenggaknya selalu peringkat 10 besar. Well iya bukan 3 besar tapi menurutku itu udah pencapaian wkwk, sederhananya kebahagianku. Coba kalau aku berusaha lebih lagi dan makan semua buku pasti lebih lagi. Aku pun sering mengetes diriku dengan cara gabelajar saat mau ulangan, aneh ya, untuk mengetes aku ni pinter karena belajar apa gimana sih, bukan sombong wkwk ternyata aku lumayan lah, mungkin karena itu nilaiku ga spektakuler. Intinya kalau kalian berusaha pasti bisa, kalau gabisa gimana? Mungkin itu bukan jalanmu, coba cari jalan alternatif :)

Saat terdepresi itu masa-masa terakhir di SMA, aku kira akan cukup waktunya untuk belajar UPRAK US, dan UN, sebenarnya cukup cuman akunya aja yang kurang manfaatin waktu, wah aku saat itu kayak udah yaudahlah penting lulus dan fokus SBM, aku pun ga yakin lolos 40%SNM, eh ternyata ketrima. Udah setres banget masa-masa UN itu, untung lolos dan ketrima di PTN. Alhamdulillah banget, aku yakin sama kemampuanku tapi saat itu mentalku udah ga semangat seperti awal-awal belajar SBM. Mungkin ini bonus, aku peringkat 90 an dari 300 an anak (kasarannya) alias nilainya gabegitu bagus tapi dapet di PTN yang keketannya 3 koma an, wah ganyangka ya? Inilah namanya pertolongan Tuhan, kamu harus yakin pilihan Tuhanmu

Aku tau sedihnya dapet nilai yang dibawah-bawah, apalagi kalau kamu punya temen yang pinter dan jahat, asli aku pernah ketemu orang gini, bukannya ngajarin malah nyukurin temennya, aku masih inget temenku dibilang bodoh, wkwkwk jahad ya. Tambah bikin minder ngehehe. Yang pasti adalah berapapun hasilnya kamu harus tetap fokus pada tujuan akhir, berusaha dan tawakal. Fokus ke kamu aja toh gada yang mau tanggung jawab atas apa yang terjadi padamu ;)

Nilai emang penting, tapi apakah kamu yakin kamu akan ditolong oleh nilai2 ini? Apakah kamu yakin nilai cuma satu-satunya tolak ukur suksesnya kamu? Mungkin iya, tapi akah sesignifikan itu?

Belum ada Komentar untuk "rasanya merasa tertinggal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel